Gaya Kami Ber Agribisnis

memulai dari sekarang, memulai dari yang kecil, memulai dari diri sendiri
Orang Bilang Agribisnis Beresiko Tinggi
Kami Bilang Tidak Bisnis Lebih Beresiko

Orang Bilang Agribisnis Perlu Modal Banyak
Kami Bilang Bisnis Yang Lain Untung Sedikit

Orang Bilang Agribisnis Untungnya Lama
Kami Bilang Bisnis Lain Cepat Redupnya

Orang Bilang Agribisnis Kotor dan Rendahan
Kami Bilang yang Penting Uangnya

Tuesday, September 11, 2007

Bertani Organik atau Beternak Lele dan Belut?

Bertani Organik atau Beternak Lele dan Belut?


Assalamualaikum.


Saya ingin memulai usaha pertanian organik, namun menurut teman saya perputaran uangnya tidak begitu cepat (tidak dapat dipastikan jangka waktu berapa lama pengelola dapat keuntungan), modalnya pun cukup besar dan prosesnya cukup beresiko menyesuaikan dengan musim (cuaca). Lalu teman saya menganjurkan saya untuk beternak lele atau belut yang resiko dan prosesnya tidak begitu sulit. Menurut ustadz baiknya mengambil usaha apa, dilihat dari peluang pasar saat ini?

Jazakumulloh khoir atas jawabannya...

Wassalamu'alaikum,

Tessa Krisna Dewi
teca at eramuslim.com
Jawaban

Wa ‘alaikum salaam Wr. Wb.

Mbak Tessa. Keputusan manusia untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu, selalu didasarkan oleh informasi yang ada dalam kepalanya, terlepas dari benar tidaknya informasi tersebut. Dalam kasus anda, bisa jadi informasi (langsung atau tidak langsung) yang diterima oleh kawan anda memang demikian adanya. Usaha pertanian organik lebih sulit dan lebih tinggi resikonya dibandingkan dengan usaha beternak lele atau belut. Dan selanjutnya, karena anda begitu percaya pada teman anda, anda begitu saja bisa terkena pengaruh. Informasi negatif yang anda terima dari kawan anda, begitu saja anda terima. Setidaknya, niat anda untuk bertani organik jadi tertunda akibat pembicaraannya.

Saran saya, tanya pada teman anda, apakah ia pernah mengalami sendiri beberapa pengalaman yang diceritakannya, misalnya pernah bangkrut karena bertani organik, atau sukses beternak lele atau belut. Kalau ya, anda bisa ikuti jejaknya beternak lele atau belut, karena anda akan belajar banyak dari pengalamannya. Tapi kalau jawabannya tidak, lebih baik anda tidak dengarkan omongannya. Orang-orang seperti ini sangat berpotensi menjadi dream stealer (pencuri mimpi) anda. Lebih baik anda cari orang yang sukses bertani organik, dan belajarlah darinya.

Anda menulis bahwa usaha tani organik tidak bisa dipastikan jangka waktu berapa lama usaha tersebut menguntungkan), perlu modal besar dan rentan resiko cuaca. Pertanyaan saya:

a. Adakah usaha yang benar-benar bisa dipastikan jangka waktu sampai usaha tersebut menguntungkan?
b. Apakah usaha beternak lele atau belut bisa dipastikan kapan bisa menghasilkan keuntungan?
c. Misalnya anda punya dana Rp 100.000,- atau Rp 1.000.000,- Apakah anda hanya bisa beternak lele atau belut, tapi tidak bisa mulai berusaha bertani organik?
d. Apakah usaha beternak lele atau belut lebih aman daripada bertani organik?

Mbak Tessa. Salah satu sikap seorang wirausaha yang tidak bisa ditawar-tawar adalah sikapnya yang independen. Ia bisa menerima informasi dari banyak sumber, tetapi ia punya otoritas penuh untuk memutuskan langkah apa yang akan atau tidak akan dilakukannya.

Terakhir, jangan memilih jenis usaha berdasarkan trend sesaat. Bisnis seperti ini, akan membawa anda pada bisnis-bisnis sekali pukul, yang sangat boom di satu saat tetapi kemudian drop dan tidak bisa recovery lagi. Coba lihat bisnis peternakan cacing, ikan lou han atau pun jangkrik. Bagi saya pribadi, bisnis haruslah bisa dijalankan, apapun kondisinya. Memang ada saat-saat di mana kondisi bisnis sedang sepi. Tapi saran saya, jangan tinggalkan bisnis anda ketika sedang sepi. Lakukan sesuatu agar bisnis itu bisa terus bertahan. Di dunia selalu ada waktu-waktu tertentu di mana bisnis redang resesi, tapi apakah semua bisnis jatuh ke titik terendah pada saat itu? Ternyata tidak. Justru di saat-saat krisis, banyak bisnis bertumbuhan dan mencapai titik puncak.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Selamat berwirausaha. Semoga Allah mengabulkan keinginan anda.

Wa ‘alaikum salaam Wr. Wb.
Zainal Abidin

No comments:

Loading...
Google

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009